Sabtu, 17 Maret 2012

GARAM NON YODIUM

Untuk orang Indonesia pada umumnya harus memakai GARAM ber-YODIUM sebagai salah satu tambahan resep dalam bumbu masakan setiap harinya.
Tapi tahukah anda, bahwa PEMERINTAH JEPANG MELARANG GARAM YODIUM untuk dikonsumsi oleh masyarakat jepang.

kok aneh?
  • Menurut standar WHO (World Helath Organization) YODIUM NORMAL minimal 10 ppm (part per million) --> part per million merupakan satuan penghitung untuk kandungan yodium dalam garam.
  • Sedangkan menurut SNI (Standar Nasional Indonesia) ambang batas YODIUM NORMAL antara 30-80 ppm
  • Menurut Orang jepang, YODIUM pada dasarnya sudah ada di air laut dunia. kadar yodium di air laut paling tidak ada 1-3 ppm,sedangkan kita tahu bersama makanan orang jepang rata-rata mengkonsumsi ikan laut, rumput laut dan yang sejenisnya sebagai makanan sehari-hari sehingga tanpa GARAM ber-YODIUM pun orang jepang sudah memiliki kadar YODIUM yang cukup untuk tubuh.
Menurut pemerintah jepang,
Kadar YODIUM yang ada di dalam GARAM HARUS BERADA DI BAWAH 0,5 ppm (sejauh ini mesin yang paling terbaru hanya bisa mendeteksi yodium sampai 0,5 ppm, jika berada di bawah itu maka tidak akan terdeteksi) jika masyarakat jepang memakan makanan laut sudah beryodium itu diperbolehkan tetapi yang TIDAK BOLEH  adalah GARAM BERYODIUM.



EFEK KEKURANGAN YODIUM:
  1. PENYAKIT GONDOK
  2. IQ-ANAK YANG RENDAH BAGI IBU YANG MENGANDUNG
  3. IMUN TUBUH YANG KURANG,DLL
EFEK KELEBIHAN YODIUM:
  • PENYAKIT GONDOK
Mungkin anda merasa aneh, saya juga merasa aneh ketika mendengar penjelasan ini langsung dari orang jepang yang memiliki kompetensi dalam hal ini.
Beliau menjelaskan bahwa jika kita kelebihan yodium maka kita akan terkena penyakit gondok & hal ini sudah terjadi di jepang. Sangat berbeda dengan yang kita ketahui saat kita belajar di sekolah dasar, bahwa pelajaran yang kita terima ketika kekurangan yodium maka akan terkena penyakit gondok TETAPI kita jarang mengetahui efek jika kita KELEBIHAN YODIUM :)

jadi kesimpulannya orang jepang tidak menggunakan garam yang ber-yodium,
atau secara sistematis kadar yodiumnya berada di bawah 0,5 ppm.
ini akan banyak kita temui di beberapa pabrik makanan jepang di indonesia yang mengekspor produknya ke jepang,semoga tambahan pengetahuan ini bisa memperluas cakrawala kita =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top