Senin, 12 Maret 2012

DARUMA

BENTUK DARUMA "HELLO KITTY"
DARUMA yang dalam bahasa jepangnya ditulis dengan だるま(達磨)merupakan sebuah boneka yang bisa digunakan juga untuk mainan.
Ini bukan sekedar mainan biasa karena memiliki filosofi yang kuat & mendasar.
Daruma ini terbuat dari kertas yang di lem sampai membentuk lingkaran & diwarnai merah karena dianggap sebagai tolak bala. nah bagian bawahnya diberi pemberat (kalo orang jawa bilang itu timbel) supaya tidak terguling (orang jawa bilang ngglundung).

DARUMA
matanya juga dibiarkan tidak tergambar nah Filosofinya adalah ketika kita menginginkan sesuatu maka kita harus mengejarnya sampai kita mendapatkannya. apapun masalahnya, meskipun kita jatuh tapi akan tetap berdiri kembali seperti daruma yang berdiri lagi ketika jatuh & ketika kita telah mendapatkan keinginan kita maka kita bisa memberi boneka daruma itu "mata" dengan  menggambarkan bulatan hitam dibagian matanya.
BODHIDARMA pendiri ZEN


MODIFIKASI DARUMA
asal-usul daruma ini sebenarnya berasal dari daerah jepang, kota Tasaki prefektur Gunma berdekatan dengan daerah tokyo. boneka ini sebenarnya disebut boneka OKIAGARI KOBOSHI, dan memiliki karakter wajah yang unik seperti bodhidarma yang memiliki ketegaran setelah bersemedi selama 9 tahun sebagai pendiri aliran ZEN

ini lah alasan kenapa penulis memilih nama DARUMA sebagai nama blognya, filosofi ketegaran ,kekuatan, kesabaran ini yang terus ditanamkan & selalu diingat ketika membuka blog ini.
Apapun masalah yang menghantam hidup kita tapi akan selalu kembali berdiri kembali. BE STRONG :D

SUMBER 

1 komentar:

Back to top